Sabtu, 10 Agustus 2013

Makalah Grafis Vektor dan Bitmap

MAKALAH


Grafis Vektor dan Bitmap

NUR HIKMAH
KELAS : XII. A




 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
MA PESANTREN GUPPI SAMATA
2011-2012


KATA PENGANTAR

Assalamu Alaikum Wr. Wb
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita nikmat iman dan islam, dan menjadikan kita dalam golongan hamba-hambanya yang taat dan patuh kepada-Nya, sungguh ini adalah suatu nikmat yang tiada taranya, yang dapat membawa kita mendapatkan keridhaannya jika kita tetap dapat mempertahankannya sampai akhir hayat kita.
Guna melengkapi tugas semester ganjil, dan mendorong minat baca SMA/MA, penulis telah menyelesaikan tugas mata pelajaran T.I.K yang berjudul “Grafis Vektor dan Bitmap”. Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada yang telah membantu dalam penyelesaian tugas ini.
penulis menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari kesempurnaan. Semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam ikut serta mencerdaskan Nusa dan Bangsa.
                                                                                               Gowa,  Agustus 2011
                                                                                                                         
                                                                                                                                                                Penulis






BAB I
PENDAHULUAN
 
A. Latar Belakang
Grafis atau desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Pada Komputer, ada dua cara dalam merepresentasikan gambar  yaitu dengan bitmap dan vektor grafik. Disini saya akan membahas mengenai dua hal tersebut.

B.     Rumusan Masalah
     Adapaun rumusan masalah yang akan di bahas yaitu:
          1.      Pengertian grafis berbasis vektor dan grafis bitmap?
          2.      Apa kelebihan dan kekurangan dari grafis vektor dan bitmap?
          3.      perangkat lunak apa saja yang dapat digunakan pada grafis vektor dan bitmap?
          4.      Apa perbedaan antara grafis vektor dan grafis bitmap?
  
C. Tujuan
·         Mengetahui defenisi grafis berbasis vektor dan grafis bitmap.
·         Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari grafis vektor dan bitmap.
·         Mengetahui perangkat lunak yang digunakan pada grafis vektor dan bitmap.
·      Mengetahui perbedaan antara grafis vektor dengan grafis bitmap dalam bentuk tabel.

BAB II
GRAFIS BERBASIS VEKTOR DAN BITMAP

A.      Pengertian Grafis Berbasis Vektor dan Bitmap
a.      Grafis Bitmap
Grafis Bitmap adalah objek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna. Didalam bitmap, terdapat beberapa istilah seperti :
Pixel
Jika kita melihat foto atau gambar yang ada di komputer maka gambar tersebut sesungguhnya adalah kumpulan dari ribuan titik titik yang sangat kecil dan tiap tiap titik tersebut memiliki warna tertentu. Titik titik itulah yang umum dikenal sebagai pixel. Setiap pixel mempunyai satu warna dan bergabung dengan pixel-pixel yang lain sehingga membentuk suatu pola dan menghasilkan gambar. Gambar seperti ini hampir tidak mungkin dibuat oleh tangan manusia. Bisa dibayangkan betapa rumitnya hanya untuk untuk membuat sebuah garis lurus, bila harus dilakukan dengan meletakkan titik-titik yang berjajar rapi secara manual. Karena itu, gambar atau foto yang kita lihat biasanya dihasilkan oleh mesin seperti kamera, monitor, televisi, komputer, proyektor film, scanner, printer dan sebagainya.
Resolution
Jumlah pixel per centimeter disebut sebagai resolusi. Dan resolusi itulah yang menentukan kualitas dari gambar yang dihasilkan. Gambar yang sering kita lihat dalam komputer umumnya mempunyai resolusi 72 pixel per inchi atau disingkat dpi. Sebagai contoh gambar yang berukuran satu sentimeter persegi akan memiki 72 X 72 = 5184 titik atau pixel. Misal gambar tersebut diperbesar dari 1 cm persegi menjadi 10 cm persegi maka jumlah pixel keseluruhan adalah tetap yaitu 5184 pixel yang berubah adalah resolusinya, yaitu 5184 : 100 = 5,184 pixel per cm. Berarti jika suatu gambar diperbesar maka resolusinya akan semakin kecil dan mengakibatkan gambar menjadi tidak tajam. Semakin tinggi resolusi suatu gambar maka akan semakin tinggi kemampuan perbesarannya.
gambar resolusi 30 dpi diperbesar 7 kali
gambar resolusi 70 dpi diperbesar 7 kali
Intensitas
Pixel pixel yang membentuk gambar tersebut memiliki warna warna tertentu dan jumlah warna yang boleh dimiliki oleh suatu gambar dinamakan intensitas. Biasanya dikenal istilah 256 warna, high color, 16 juta warna (true color) gradasi abu-abu (grayscale), serta hitam-putih (black & white). Semakin banyak jumlah warna dalam suatu gambar maka gambar yang dihasilkan akan semakin bagus. Jumlah warna maksimum dari gambar dapat dilihat dari jenis filenya. Misal file gambar yang berekstensi .jpg akan memiliki maksimum 16 juta warna, atau file yang berekstensi .gif memiliki jumlah warna maksimum 256.

 
b.     Grafik Vektor
Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu.
Berbeda dengan bitmap, vektor grafik merepresentasikan gambarnya tidak dengan menggunakan pixel, tetapi dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam persamaan matematis yang disebut vektor. Misal untuk menggambar lingkaran maka didefinisikan persamaan matematis dari lingkaran sehingga membentuk garis pembatas lingkaran. Didalam garis pembatas tersebut diberi warna sehingga terbentuklah lingkaran.
Kedua cara perepresentasian gambar tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan masing masing. Pada gambar bitmap sangat baik digunakan untuk merepresentasikan gambar yang sangat kompleks dan detail. Tetapi kekurangannya adalah ukuran filenya tergantung dari ukuran gambar dan resolusinya. Jika file bitmap diperbesar maka ketajaman gambar akan berkurang.
Sedangkan pada vektor grafis ukuran gambar tidak mempegaruhi ukuran file. Jika gambar diperbesar maka ketajamannya tetap sama dengan sebelumnya. Ukuran file dari gambar vektor grafis dipengaruhi oleh kompleksitas dari persamaaan vektor yang digunakan. Misal ada dua gambar yang besarnya sama. Gambar yang pertama adalah gambar lingkaran sedangkan gambar yang kedua adalahgambar tali yang melingkar tidak beraturan. Ukuran file gambar tali akan lebih besar daripada gambar lingkaran. Kekurangan dari vektor grafis tidak mampu menampilkan gambar secara detail dan kompleks.

 
 gambar Vektor                                                                                gambar Bitmap

B.     Kelebihan dan kekurangan Grafis Vektor dan Bitmap
Kelebihan Grafis Vektor
·         Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
·         Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
·         Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda
·         Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
Kekurangan Grafis Vektor
·         Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap
Kelebihan Grafis Bitmap
·         Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.
·         Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan
Kelemahan Grafis Bitmap
·         Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
·         Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah

  C.       Perangkat lunak untuk membuat grafis vektor dan bitmap
    Untuk Image editor yang menggunakan gambar jenis bitmap antara lain adobe photoshop, corel photopaint, photo scape, ms photo editor, macromedia fireworks. Sedangkan yang menggunkan  gambar vektor grafik antara lain corel draw, adobe ilustrator, macromedia freshand, auto cad, micrografx designer.
CorelDraw merupakan salah satu program yang banyak digunakan dalam pembuatan desain grafis dan editing Bitmap yang dilengkapi dengan full color management system dan interactive tools yang memudahkan dalam pembuatan dan editing suatu objek.
Sedangkan Adobe Photoshop merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan unuk mengedit sebuah gambar (image) menjadi gambar yang lebih menarik, serta bisa menyunting foto dan gambar-gambar yang telah di-scan ke dalam komputer.


 
 BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Dari penjelasan diatas mengenai grafis berbasis vektor dan bitmap, dapat kita simpulkan bahwa:
·         Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu. Sedangkan Grafis Bitmap adalah objek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna.
·         Tabel Perbedaan grafis vektor dan Bitmap :

Vektor
Bitmap
Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
Disusun oleh objek yang disebut pixel
Sifatnya resolution independent
Sifatnya resolution dependent atau dipengaruhi resolusi
Pengaruh perbesaran tidak pecah, blur atau rusak
Pengaruh perbesaran pecah, blur dan rusak jika melewati batas toleransi tampilan
Ukuran penympanan relatif kecil
Ukuran penympanan relatif  besar
Digunakan untuk ilustrasi dengan bentuk geometris sederhana, warna solid atau gradasi tanpa terlalu banyak variasi warna. Cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk.
Digunakan untuk gambar kompleks, berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti foto dari hasil bidikan kamera.
Format penyimpanan bisa berupa AI, CDR, FH, EPS
Format penyimpanan PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP
Program yang digunakan adalah CorelDraw, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand
Software yang digunakan adalah Adobe Photoshop, Corel Photopaint, MS Paint
 
B.     Saran

·         Semoga tugas ini dapat memotivasi siswa untuk berkarya dan berbuat yang lebih  baik, demi masa depan yang lebih cerah.
·    Diharapkan kepada guru untuk selalu memberikan motivasi kepada siswa, supaya kedepannya dapat berkarya dan berbuat yang lebih  baik.


DAFTAR BACAAN/REFERENSI

http://htmlimg4.scribdassets.com/aqa8i598n9w55z4/images/23-138bc6cef4/000.png
www.google.com






10 komentar: